Kamis, 30 Oktober 2008

Pentingnya Konsumsi Ikan Selama Hamil

Pentingnya Konsumsi Ikan Selama Hamil
Untuk membangun otak anak-anak yang cerdas bisa dimulai sejak sang anak dalam kandungan. Para peneliti dari Harvard Medical School of Public Health memberikan saran agar para wanita hamil mengkonsumsi ikan sebanyak-banyak terutama ikan yang mengandung omega-3 fatty acids selama hamil.

Mengkonsumsi ikan sardines merupakan salah satu yang disarankan, karena selain mengandung Omega-3 fatty acids yang tinggi, ikan sardines juga memiliki kandungan mercury yang rendah.

Jikapun harus melakukan diet maka diet kalori rendah sebaiknya tidak melupakan konsumsi ikan

Satu hal yang patut dijaga adalah konsumsi ikan ini tidak terkontaminasi oleh mercury yang justru akan memberikan dampak yang buruk bagi perkembangan otak sang anak.

Untuk memastikan pengaruh konsumsi ikan selama masa kehamilan ini, tim peneliti melibatkan 341 wanita hamil dengan memberikan konsumsi ikan di tiga bulan kedua masa kehamilan.

Selain memberikan konsumsi ikan, tim juga mencatat tingkat darah untuk mengukur kemungkinan mercury yang ada.

Setelah proses persalinan, anak-anak yang mulai dewasa menjelang tiga tahun akan diberi serangan tes yang berkaitan dg vocabulary dan visual motor.

Hasilnya adalah konsumsi ikan selama kehamilan dua kali setiap pekannya akan memberikan kemampuan visual motor yang lebih baik.

Sementara tingkat mercury yang tinggi akan membuat dua kemampuan itu menjadi terkendala. Dengan kata lain, studi itu telah memberikan kesan bahwa perkembangan otak sudah dimulai sejak bayi berada dalam kandungan dan hasil yang terbaik jika konsumsi ikan itu dilakukan tanpa tercemar olah mercury.

Untuk mengkonsumsi ikan, jenis ikan juga patut dipertimbangkan, dimana ikan juga memiliki masa hidup yang lama seperti tuna, hiu, dan king mackerel sebaiknya dihindari karena kemungkinan ikan ini memiliki kandungan mercury yang tinggi.

Tidak ada komentar: